IQPlus, (5/12) - Tokopedia dan TikTok Shop mendorong para pelaku usaha lokal tanah air mendunia melalui program "Lokal Mendunia" berbarengan dengan perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) sebagai salah satu upaya meningkatkan ekspor produk Indonesia. Head of Public Policy & Government Relations Tokopedia and TikTok Shop E-commerce Indonesia Hilmi Adrianto mengatakan platform digital kini semakin berperan penting bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan brand lokal untuk memperluas jangkauan, meningkatkan daya saing, serta masuk ke pasar global. Melihat peluang tersebut, lanjut dia dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, pihaknya berkomitmen mendukung pertumbuhan brand lokal serta membantu pelaku usaha meningkatkan visibilitas dan penjualan secara digital. Selain itu, inisiatif "Lokal Mendunia" turut mendorong ekspor produk Indonesia melalui ekosistem regional TikTok Shop, membuka akses lebih luas ke pasar Asia Tenggara dan memperkuat kontribusi produk lokal terhadap perekonomian nasional. "Dengan ekosistem yang kuat, kami terus mendorong pelaku usaha lokal Indonesia untuk menembus pasar global, membangun kebanggaan serta kepercayaan terhadap produk buatan Indonesia, untuk memperkuat perekonomian digital bangsa," katanya. Dia menambahkan melalui Promo Guncang 12.12 tahun ini, Tokopedia dan TikTok Shop tidak hanya menghadirkan nilai lebih bagi para pembeli,tetapi juga membuka peluang lebih besar bagi para pelaku usaha dan brand lokal untuk semakin naik kelas. Hilmi menjelaskan Program Lokal Mendunia merupakan inisiatif untuk mendorong brand lokal di Indonesia menembus pasar utama Asia Tenggara melalui ekosistem TikTok Shop. Program ini diharapkan dapat mempercepat ekspansi lintas negara dengan infrastruktur TikTok Shop di Asia Tenggara yang sudah siap pakai, sejalan dengan misi mengangkat produk lokal ke panggung global. Lewat inisiatif Lokal Mendunia yang menghadirkan pembelajaran terarah, aktivitas berbasis misi, dan pendampingan intensif, TikTok Shop by Tokopedia mendung brand lokal dalam memvalidasi potensi pasar, memahami preferensi konsumen, dan meningkatkan kesiapan operasional. Peserta juga mendapat akses langsung ke tim TikTok Shop di tiap negara untuk memahami kebutuhan lokal dan jalur ekspansi, serta terhubung dengan TikTok Shop Partners (TSP) resmi yang menyediakan layanan profesional seperti pembuatan konten, live streaming, pengelolaan toko, hingga dukungan pemenuhan pesanan. Sebelumnya saat pembukaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2025, Menteri Perdagangan Budi Santoso mengapresiasi upaya platform digital di Indonesia dalam memperkuat ekonomi digital Indonesia. Hal itu, menurut dia tercermin melalui pembukaan akses pasar yang lebih luas bagi produk dan pelaku usaha lokal, khususnya melalui kampanye Harbolnas selama 10 -16 Desember 2025. Mendag mengharapkan inisiatif tersebut tidak hanya membuka akses yang lebih luas bagi pelaku usaha Indonesia di dalam negeri, tetapi juga mampu memperkuat posisi produk Indonesia di kancah internasional. "Melalui pemanfaatan ekosistem perdagangan digital yang inklusif dan kompetitif, diharapkan lebih banyak produk UMKM yang menembus pasar global," ujarnya. (end/ant)